Pengertian Browsing


sulaiman | 20.39 |


Pada kesempatan kali ini akan mencoba menguraikan pengertian browsing. Mungkin kita sering mendengar istilah browsing baik dari televisi (teve), radio, koran, maupun dari orang lain. Jika kamu adalah seorang browsing mania tentu tak akan sulit mengartikan kata yang satu ini. Tapi bagi sebagian orang termasuk saya sendiri sampai menulis artikel ini masih ambigu dengan istilah yang satu ini. Meskipun sudah mampu menangkap maksudnya yaitu tak jauh dari aktifitas membuka halaman web di internet, akan tetapi masih bingung jika harus menguraikan secara lebih spesifik. Takutnya nanti bertabrakan dengan pengertian istilah lain.

Pengertian browsing menurut total.or.id adalah berselancar untuk menjelajahi informasi yang ada di internet. Berselancar ini bisa dilakukan dengan sebuah program yang disebut browser, software untuk berselancar. Sedang di wikipedia berbahasa indonesia saya tak dapat menemukan pengertian istilah tersebut. Jadi saya coba mencarinya di yahoo! answer dan menemukan browsing adalah menjelajah dunia maya atau internet untuk mencari sesuatu yg bermanfaat membaca berita secara online itu juga salah satu browsing. Atau dapat juga diartikan seni pencarian informasi melalui system operasi yang berbasis hypertext, misalnya membaca berita, mencari istilah dll.

Jadi, browsing berbeda dengan download, chat, kirim email maupun ngeblog (istilah untuk ngeblog= blogging). Kata lain dari browsing adalah surfing. Mungkin itulah sebabnya mengapa di warnet-warnet selalu ditulis terpisah browsing, game, chatting, rental dll.

Pengertian Searching
Searching berarti pencarian suatu situs yang belum kita ketahui secara pasti alamat yang dimiliki. Dalam melakukan searching biasanya kita gunakan search engine sebagai mesin pembantu dalam pencarian situs tersebut.
Search engine adalah sebuah fasilitas (web) yang bisa mencari links dari situs lain. Ada berbagai macam search engine yang bisa kita gunakan dalam searcing, yaitu ; yahoo, google, altavista, lycos, astaga, msn, dan lain sebagainya. Disini akan dijelaskan bagaimana cara searcing melalui beberapa
search engine yang pada umumnya dipakai yaitu dengan menggunakan google dan yahoo.

Pengertian www.
Apa ya WWW (World Wide Web) itu ?^_^
Dewasa ini, WWW atau yang sering disebut sebagai "web" saja adalah merupakan aplikasi internet yang paling populer. Demikian populernya hingga banyak orang yang keliru mengidentikkan web dengan internet.
Secara teknis, web adalah sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain yang tersimpan dalam sebuah internet webserver dipresentasikan dalam bentuk hypertext. Informasi di web dalam bentuk teks umumnya ditulis dalam format HTML (Hypertext Markup Language). Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF, JPG, PNG), suara (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World).
Web dapat diakses oleh perangkat lunak web client yang secara populer disebut sebagai browser. Browser membaca halaman-halaman web yang tersimpan dalam webserver melalui protokol yang disebut HTTP (Hypertext Transfer Protocol).
Dewasa ini, tersedia beragam perangkat lunak browser. Beberapa diantaranya cukup populer dan digunakan secara meluas, contohnya seperti Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, maupun Opera, namun ada juga beberapa produk browser yang kurang dikenal dan hanya digunakan di lingkungan yang terbatas.
Sebagai dokumen hypertext, dokumen-dokumen di web dapat memiliki link (sambungan) dengan dokumen lain, baik yang tersimpan dalam webserver yang sama maupun di webserver lainnya. Link memudahkan para pengakses web berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya, dan "berkelana" dari satu server ke server lain. Kegiatan penelusuran halaman web ini biasa diistilahkan sebagai browsing, ada juga yang menyebutnya sebagai surfing (berselancar).
Seiring dengan semakin berkembangnya jaringan internet di seluruh dunia, maka jumlah situs web yang tersedia juga semakin meningkat. Hingga saat ini, jumlah halaman web yang bisa diakses melalui internet telah mencapai angka miliaran. Untuk memudahkan penelusuran halaman web, terutama untuk menemukan halaman yang memuat topik-topik yang spesifik, maka para pengakses web dapat menggunakan suatu search engine (mesin pencari). Penelusuran berdasarkan search engine dilakukan berdasarkan kata kunci (keyword) yang kemudian akan dicocokkan oleh search engine dengan database (basis data) miliknya. Dewasa ini, search engine yang sering digunakan antara lain adalah Google (www.google.com) dan Yahoo (www.yahoo.com).
Arti istilah email dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut
Surat. Dalam media elektronika, istilah ini lebih sering disebut dengan e-mail

SURFING
Arti istilah Surfing dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut
Berselancar di dunia maya (Internet) melalui halaman-halaman web dengan menggunakan browser.

FTP
FTP (File Transfer Protocol) adalah, Program yang digunakan pada komputer berbasis Windows untuk mentransfer file (software atau dokumen) pada Internet.

IRC
IRC (Internet Relay Chat) menyediakan suatu cara untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang-orang di seluruh dunia. Terdiri dari bermacam-macam "network" (jaringan atau "nets") IRC server, mesin-mesin untuk menghubungkan pemakai dengan IRC. Nets yang terbesar adalah EFnet (IRC net yang pertama, yang kadang-kadang memiliki lebih dari 32000 pengguna IRC dalam satu saat), Undernet, IRCnet, DALnet,

NewNet.
Sang pengguna (Anda misalnya) memiliki suatu program (yang disebut "client") untuk menghubungkan Anda dengan suatu server dari salah satu IRC nets tersebut di atas. Server-server tersebut yang anak menghantarkan informasi-informasi ke dan dari satu server ke server yang lain di dalam net yang sama.
Client-client yang direkomendasikan:
1. UNIX/Shell: ircII
2. Windows: mIRC or PIRCH
3. Macintosh: Ircle
Harap Anda membaca dokumentasi-dokumentasi yang ada mengenai client Anda.
Sekalinya Anda berhubungan dengan salah satu IRC server dalam suatu IRC network, Anda dapat bergabung ("join") dengan salah satu "channel" dan berkomunikasi dengan orang-orang yang ada di dalam channel tersebut. Di dalam EFnet ada lebih dari 12000 channel yang masing-masing memiliki keunikan dan topik tersendiri. Percakapan yang terjadi bisa merupakan percakapan umum ("public", di mana semua orang yang sedang berada di dalam channel tersebut dapat membacanya) atau pribadi ("private", antar dua orang yang bisa saja tidak di satu channel yang sama). IRC bukanlah suatu "permainan", dan saya sangat menganjurkan agar Anda saling menghormati satu dengan yang lain seperti halnya Anda bertemu muka dengan orang-orang tersebut (segala sesuatu dapat terjadi walaupun Anda tidak bertemu secara langsung).

AUDIO STREAMING
Arti istilah Audio Streaming dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut
Istilah yang dipergunakan untuk mendengarkan siaran secara live melalui Internet. Berbeda dengan cara lain, yakni men-download file dan menjalankannya di komputer kita bila download-nya sudah selesai, dengan streaming kita dapat mendengarnya langsung tanpa perlu mendownload file-nya sekaligus. Ada bermacam-macam audio streaming, misalnya Winamp (mp3), RealAudio (ram) dan liquid radio.

1 komentar:

{ Unknown } at: 9 November 2013 pukul 12.30 mengatakan...

terima kasih,sangat bermanfaat.

Posting Komentar

 
Desain Dari Rahmatan Lil Alamin | Rahmat Bagi Seluruh Alam | Kota Batik | Kota Batik Pekalongan.